Pemikiran Comte Dalam Konteks Sosial dan Intelektual

2/11/2018

Pemikiran Comte tidak terlepas dari konteks sosial dan intelektual yang terjadi pada masa kehidupannya. Dinamika masyarakat terutama yang berkaitan dengan perubahan masyarakat yang pesat pada abad ke-19 telah banyak dipengaruhi pemikiran Comte bahkan para pemikir-pemikir lain. Latar belakang sosial dan intelektual mempengaruhi pemikiran seseorang (ahli filsafat) sehingga ia mampu secara cermat dan arif memikirkan tentang bagaimana seharusnya membangun sebuah masyarakat yang baik. Pemikirannya tentunya juga tidak lepas dari kondisi perubahan masyarakat ini.




Kondisi masyarakat Perancis dan masa Comte, memperlihatkan sejarah sosial dan perubahan masyarakat yang sangat berarti bagi kebangkitan kembali ilmu-ilmu sosial. Sebelum masa revolusi Perancis keberadaan masyarakat memperlihatkan kondisi yang kurang menyenangkan, terutama bagi masyarakat kelas bawah. Revolusi ini telah membawa dampak pada kehidupan masyarakat Perancis khususnya dan masyarakat Eropa lainnya. Kondisi ini, merupakan pemikiran bagi perbaikan masyarakat melalui suatu perubahan yang lebih baik.

Baca Juga :

Konteks sosial yang banyak mempengaruhi pemikiran Comte diantaranya adalah fenomena revolusi sosial yang terjadi Perancis dan perjalanan hidupnya terutama karena hubungan dengan orang-orang yang terdekat didengannya. Konteks intelektual yang mempengaruhi pemikiran Comte diantaranya adalah eksistensi dari tradisi kemajuan. Tradisi kestabilan/hukum dan tradisi liberalism, serta pengaruh dari Saint-Simon (Coser, 1986).

Revolusi Perancis dan berbagai macam akibatnya merupakan latar belakang historis bagi lahirnya pemikiran-pemikiran Comte. Peristiwa ini telah mengacu Comte untuk menjelaskan sejarah masyarakat manusia menurut model teoritisnya yang cukup khas terkait dengan perubahan sosial dan kemajuan, serta bagi gagasan-gagasannya untuk mengorganisasi masyarakat untuk kembali mengikuti prinsip-prinsip ilmiah seperti kaidah yang diyakininya (Johnson, 1981).

Pada dasarnya hal ini dapat dilihat ketika peristiwa politik namun dampaknya bisa terlihat pada perubahan yang terjadi pada bidang ekonomi, dimana krisis sosial yang cukup hebat. Dalam hal ini, ide dalam membangun masyarakat yang lebih baik, dimulai dari konteks intelektual yang melatarbelakangi gagasan kemajuan yang dikembangkan dari pemikir terdahulu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close