Potensi Budidaya Pisang Bagi Masyarakat

2/09/2018

Potensi budidaya pisang bisa menjadi pilihan yang cocok. “Karena, pisang lebih mudah dikembangkan tak tak terlalu rewel pada kondisi tanah dan umumnya cocok untuk lahan. Selain itu, resikonya lebih mudah dikendalikan dibandingkan komiditas pertanian perkebunan lainnya.”
tanaman pisang termasuk dalam kategori tanaman yang jarang terserang hama, sehingga lagi-lagi resiko kegagalan bisa diminimalkan.


Masyarakat meyakini, budi daya pisang bisa menghasilkan keuntungan yang memadai asal diikuti dengan pemasaran yang baik. Untuk itu, kelompok tani pisang di daerah bisa memiliki potensi dalam mengembangkan manfaat dan keuntungan. Seperti hal nya, sebelum beralih ke pisang, petani di Desa Bangunsari umumnya menanam jagung dan cabai. Namun, tidak stabilnya harga dua komoditas tersebut membuat sebagian petani beralih ke komoditas lain, termasuk di antaranya pisang.

Menanam pisang dapat memberikan manfaat bagi pelaku usaha dalam mengembangkan brand kuliner lokal ini. Hal ini, tentunya bisa bermanfat bagi masyarakat dalam melihat potensi pertanian yang ada di masyarakat. Ini merupakan salah satu bagian peluang dalam meningkatkan hasil pertanian masyarakat, sehingga bahan baku dapat dicukupi dengan baik. Sementara, harga jual pisang kepada konsumen dengan harga jual dari petani masih sepadan. Terlebih lagi, harga pisang selalu menanjak setiap tahunnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close