Memahami Hubungan Diplomatik Suatu Negara

3/18/2018

Jika kita melihat kembali ketika kunjungan Negara oleh Presiden Megawati yang dahulunya sebagai Kepala Negara pertama yang mengunjungi Amerika Serikat pasca WTC, dimana kunjungan kerjanya hal yang terpenting adalah mengencam terorisme dan ketika itu pertemuan yang dilakukan antar kepada Negara Presiden Amerika Presiden Bush.

Jalinan kerja sama yang dilakukan ketika itu, bahwa Indonesia bersedia bekerjasama dengan Amerika Serikat untuk bersama-sama memerangi terorisme dengan demikian, bantuan militer datang untuk membantu Indonesia, di tahun 1999 dengan kasus pelanggaran hak asasi manusia di Timor Timur pasca jajak pendapat. Selain itu, dukungan Import Bank, perusahaan Investasi Swasta Luar Negeri dan Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat guna mendukung pembangunan ekonomi Indonesia.

Untuk diketahui bahwa, setiap kunjungan Negara merupakan salah satu bagian diplomasi Negara dalam menjalinkan kerjasamanya untuk Indonesia. Peningkatan sumber daya alam, perikanan, pengusaha kecil dan menengah merupakan sala satu bagian langkah dalam melihat potensi Indonesia yang kaya akan laut. Hal ini, guna membuka poros ekonomi baru Indonesia.


Dengan melihat kebutuhan Indonesia tentunya, merupakan salah satu bagian kerja diplomasi yang mesti diketahui dalam meningkatan hubungan diplomatik suatu Negara. Langkah Australian untuk bergabung di ASEAN tentunya memperkuat sentralitas, terutama dalam membangun kawasan arsitektur. Perubahan besara apa yang akan meyakini kita sebagai masyarakat, tentunya juga merupakan salah satu dukungan antar Negara dan Masyarakat.

Hubungan diplomatic suatu Negara, memang tak lepas dari proses hubungan kerjasama dan dukungan antar Negara. Begitu juga dengan keseimbangan lingkungan dalam membangun ekosistem di kawasan Asia Tenggara yang damai, stabil, dan sejahtera.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close