Mengenai Pendekatan Kultural Sosiologi

3/26/2018

Mengenai sosiologi cultural tentu tak lepas dari budaya masyarakat. Oleh karenanya, salah satu pendekatan dalam sosiologi dikenal adalah adanya pendekatan budaya atau kulural. Budaya dalam hal ini, disini dipahami sebagai arti symbol, norma dan padangan hidup umumnya yang dimiliki bersama oleh anggota suatu masyarakat.

Dalam pengertian luas istilah kebudayaan terdiri dari produk-produk tindakan dan interaksi manusia, termasuk yang berhubungan dengan ciptaan Manusia. Hal ini, berupa materi dan dunia kebudayaan non material. Beberapa komponen utama dari kebudayaan non material dicatat oleh ahli antropologi bernama Tylor, yang dalam definisinya sering dicatat mengenai kebudayaan sebagai “keseluruhan kompleksitas yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, kebiasaan dan tata cara lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat”.

Sejumlah tokoh sering dikelompokkan ke dalam pendekatan tertentu, dan merujuk kepada beberapa referensi, maka setidaknya terdapat 3 sosiologi yang digolongkan dalam pendekatan, Dalam melihat hubungan suatu masyarakat, suatu kebudayaan yang diperhatikan dari hal yang seksama. Pemikiran seperti itu, tentunya tak lepas dari persoalan kebiasaan masyarakat.

Dalam hal ini, pandangan mengenai kulural sosiologi dapat dilihat dari objek kajian struktur masyaraka, dimana sosiologi menawarkan pendekatan structural dala menganalisis masyarakat, baik secara structural maupun beberapa hal mengenai persoalan kepentingan masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close