Tokoh Bill Gates : Peran Keadilan Sosial Indonesia

3/04/2018

Keadilan merupakan syarat mutlak dalam hubungan antar manusia, dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara. Keadilan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Bisa juga pada tingkatan moral, keadilan yang menjadi nilai yang sangat dijunjung tinggi oleh segenap lapisan masyarakat. Pada tingkat operasional di dalam masyarakat masalahnya akan menjadi kompleks dan sulit serta dan bahkan tidak mudah diterima oleh berbagai kalangan masyarakat.

Pada tingkat individu, keadilan juga sulit diformulasikan, bahkan makin sulit menemukan orang yang benar-benar memegang keadilan sebagai nilai kehidupan dan moralitas yang dijunjung tinggi. Begitu juga banyak orang kaya di Indonesia tetapi sangat sedikit yang bersikap seperti Bill Gates, Ford, Rockefeller dan lainnya yang rela memberikan sebagian untuk pembangunan sosial. Bukan, dalam arti besarnya jumlah, tetapi kemauan dan tindakan.


Berbagai gejolak sosial pun terjadi, dari halnya ekonomi, politik, bahkan keadilan sosial. Bagi dunia usaha misalnya, situasi ini tentu kurang mendukung perkembangan usaha, tetapi dari hal terkceil saja masyarakat dan individu sulit untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, apalagi kalau berbicara mengenai keadilan sosial?.

Proses yang ada di masyarakat tentunya masih banyak hal-hal tersebut muncul, bahkan hal tersebut sulit dihindari. Pembangunan Indonesia misalnya dimulai dari sector ekonomi dimana tanggung jawab tentunya sangat relevan dalam menegakkan keadilan sosial. Pada intinya pembangunan Nasional memang bertujuan mencapai masyarakat adil dan makmur, tetapi hal nya masih ada berbagai gejolak yang terjadi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close