Ungkapan Mary Douglas Dan Baron Isherwood

3/05/2018

Douglas dan Isherwood menulis dalam buku the world goods menggunakan pendekatan antropologis dalam menjelaskan konsumsi. Menurut mereka, terdapat dua kegunaan dari benda goods. Adapun dua fungsi utama dari benda adalah untuk membuat kategori-kategori kebudayaan agar terlihat dan stabil. Mereka menyebutkan bahwa kegunaan benda-benda senantiasa dibingkai oleh konteks budaya.

Benda dalam pengertian ini merupakan sarana yang membuat kategori dasar tampak terlihat sebagai acuan klasifikasi seorang dalam masyarakat. Dalam laitannya mengenai identitas sosial, Douglas dan Isherwood menemukan tipologi kelas konsumsi atas dasar hubungannya dengan konsumsi. Seperti sederetan bahan pokok, seperangkat teknologi berupa barang-barang yang dihasilkan melalui produksi sekunder, kemudian perangkat barang yang dikenal sebagai informasi yang dihasilkan dari sector tersier atau jasa.

Dalam hal ini, Douglas dan Isherwood menyatakan bahwa pada lapisan masyarakat kelas, tentunya mereka mengkonsumsi terbatas pada kelompok benda baku dan memiliki banyak waktu. Sedangkan orang-orang yang mengkonsumsi jenis barang tersier dalam jumlah besar adalah orang-orang yang berkonsumsi tinggi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close