Bagaimana Membangun Budaya Politik

4/04/2018

Membangun masyarakat dan negara modern merupakan proses modernisasi dalam melakukan pembangunan. Tanpa modernisasi dan pembangunan perkembangan masyarakat dan Negara sulit dijalankan atau bahkan akan mandeg. Membangun budaya politik modern merupakan satu paling penting dalam upaya membangun masyarakat dan Negara modern.

Budaya modern dibedakan dengan budaya tradisional, dan budaya secular biasanya dibuka terhadap informasi baru dan berupaya mencari informasi baru, dan menerima perubahan dan berupaya menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan. Almond dan Powell mencoba melihat pengaruh dan sikap atau orientasi secular ini dalam budaya politik pada tingkat sistem, proses dan kebijakan.

Pada tingkat sistem sekularisasi berarti melemahnya penggunaan adat kebiasaan dan karisma sebagai basis legitimasi dan meningkatnya kinerja berdasarkan keabsahan. Pada tingkat proses berarti semakin meningkatnya kesadaran akan kesempatan politik dan kesediaan untuk menggunakan kesempatan bagi banyak orang.
Dengan meningkatnya partisipasi politik, perubahan pandangan akan sumber legitimasi dan penekanan pada kemampuan individu yang tampak. Meskipun dilain halnya, bahwa sekularisasi tidak selalu begitu baik dalam berpolitik. Karena dalam hal ini, yang harus dilihat dalam tingkat masyarakat dimana ada perbedaan-perbedaan kondisi sosial ekonomi sangat besar dan tingkat konfliknya sangat tinggi dalam peningkatan kesempatan akan lebih terjadi konflik politik.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close