Budaya Politik Yang Mempengaruhi Ilmu sosial

4/04/2018

Budaya politik merupakan salah satu dari empat bidang kajian dalam ilmu perbandingan politik yang perkembangannya dipengaruhi oleh perkembangan dalam bidang ilmu sosial lainnya. Sebagai salah satu bidang keilmuwan perbandingan politik telah berkembang sejak 1950an, namun sebuah kajian budaya politik marak dipelajari selama periode 1960an.

Memahami budaya politik dalam hal ini tentunya perbandingan politik adalah mengenai sistem politik, pembangunan politik serta persoalan sosial masyarakat. Mengenal konsep budaya politik, akan terkait dengan konsep politik secara makro. Diantaranya yang paling dekat adalah mengenai konsep bangsa dan sistem. Jika mengenal kajian politik maka yang diketahui adalah karakter bangsa mengenai nilai-nilai,symbol, dan tipe budaya politik.

Mengenal budaya politik merupakan konsepsi yang kajiannya pada tingkat individu dan studi pada tingkat sistem politik sebagai sebuah kesatuan. Mengenal subbidang yang kemudian berkembang dalam kajian kebudayaan politik adalah sosialisasi politik dan komunikasi politik. Dua hal tersebut yang berperan dalam proses tersebut dan dengan cara-cara proses yang berlangsung.

Jika kita mengetahui dan memahami pembangunan dan budaya politik dengan lebih baik, maka keterkaitan antara tahapan perkembangan kemasyarakatan dengan karakteristik komunikasi, maka dalam masyarakat yang tradisional proses komunikasi cenderung berjalan satu arah, dan arus informasi sangat ditentukan pada hierarki sosial.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close