Hubungan Antara Hukum Dengan Nilai

4/27/2018

Hukum sebagai kaidah atau salah satu jenis norma sosial hal ini tidak lepas dari nilai sosial yang berlaku di dalam suatu masyarakat. Jadi proses pembuatan hukum hendaknya dikaitkan dengan sistem nilai yang berlaku, hal ini agar tercipta kesesuaian antara hukum yang diciptakan dengan nilai-nilai sosial yang ditetapkan.


Sementara itu, berkenan dengan proses perkembangan masyarakat terkadang sistem nilai menjadi semakin diabaikan oleh anggota masyarakat. Oleh karena itu, dalam rangka melestarikan dan memberlakukan tata nilai di dalam masyarakat diperlukan suatu aturan. Keberadaan suatu peraturan pada hakikatnya dimaksudkan untuk dijadikan pedoman bagi anggota masyarakat dalam berinteraksi dengan sesamannya. 

Didalam masyarakat mana pun pastilah akan ada seperangkat nilai, dan nilai yang dimaksud untuk mengatur kehidupan manusia. Setiap anggota masyarakat dapat memahami sistem nilai yang berlaku dan hal ini perlu tolak ukur baik yang bersifat tradisional maupun yang bersifat modern.
Baca Juga :
Mempertahankan keberlakukan nilai di dalam suatu masyarakat perlu diciptakan adanya hukum yang dapat memberikan sanksi bagi para anggota masyarakat yang meninggalkan nilai-nilai sosial, sementara hal ini untuk membuat masyarakat harus mengenai yang namanya sistem nilai yang berlangsung. Dengan adanya nilai sosial merupakan penghargaan yang diberikan masyarakat kepada segala sesuatu yang terbukti mempunyai daya guna fungsional bagi perkembangan kehidupan bersama.

Jika dipahami sebagai daya guna fungsional yang dimaksudkan sebagai tolak ukur itu, maka dapatkan menjadi dua yaitu, kelompok tolak ukur tradisional, dan tolak ukur modern yang meliputi pengukuran yang bersifat rasional.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close