Keterkaitan Sistem Pertanian Terhadap Perkembangan Masyarakat

4/10/2018

Sistem pertanian pada dasarnya sebagai cara hidup yang didasarkan dan identik dengan sistem ekonomi. Sistem ekonomi, yang bagaimana pun sederhananya akan berkaitan dengan kegiatan pertukaran. Pada masyarakat umumnya, sistem pertanian merupakan nilai ekonomis yang penting dalam perkembangan masyarakat dalam produksi. 

Keterkaitan antara sistem pertanian dan sistem ekonomi tidak lepas dari tingkat perkembangan masyarakat Jika dilihat garis besarnya terdapat tiga era yang begitu berbeda yakni era cocok tanam yang sangat bersahaja, yang pada awalnya ditemukan cocok tanam tidak hanya melakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Sistem penghidupan pada hakikatnya sangat dekat dengan era food gathering economics.

Di dalam sistem pertanian masyarkat yang dibangun, yang perlu diperhatikan adalah sistem sosial yang tercipta, yang kemudian beralih ke sistem ekonomi. Proses perkembangan pertanian masyarkat tentnya harus dipahami dengan seksama, karena aka nada petani tradisional menyingkapi pertanian sebagai suatu way of life,, dimana orientasi usahanya.

Dalam hal ini, masuk dalam pra kapitalistik dengan sistem pertanian yang modern terutama ditandai dengan penggunaan teknologi modern dalam proses produksi pertanian. Dalam era ini, petani merupakan paling penting dalam peradaban Indonesia, kebutuhan masyarakat berasal dari petani. Sementara, factor teknologi hanya sebagai pendukung dalam meningkatkan hasil produksi. Kini, pertanian lebih dilihat sebagai suatu bentuk usaha, maka petani pada era ini juga disebut wirausaha pertanian (agricultural entrepreneur).

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close