Yang Perlu Dipahami Dari Proses Industri

4/19/2018

Hal yang perlu dipahami ketika dari satu industri dapat dipandang sebagai unit sosial, Karena itu sebagaimana keluarga dan masyarakat, tentunya memiliki struktur sosial. Para anggotanya dapat dibedakan secara vertical dan secara horizontal. 

Secara vertical pada dasarnya terdiri dari tiga kelompok yaitu : 

A. Industrialis atau pengusaha pada puncak stratifikasi, Dimana pengusaha dapat dibagi dalam subkelompok pemilik sekaligus manajemen dan pemilik tanpa jabatan structural dalam perusahaan. 

B. Manajemen, pengendalian utama kegiatan pabrik sehari-hari yang bersumber professional atau professional. Manajemen dapat dibagi dalam subkelompok dimana manajemen puncak, manajemen menengah, dan staf pendukung. 

C. Pekerja, alat produksi, keterampilan yang memadai, Pekerja dapat dikelompokkan dalam subkelompok manajemen tingkat pertama, kelompok dan massal. 

Dalam hal ini, peran manajer dengan berbagai pertimbangan memiliki pemahaman yang lebih baik dalam mengoperasikan dan mengawasi mesin dan pekerjaan pada umumnya. Lebih mudah berkomunikasi dengan berbagai pihak, dan lebih loyal. 

Sedangkan secara Diferensiasi secara horizontal sebenarnya setiap pekerja berada dalam kedudukan yang sama. Hal yang membedakan adalah spesifikasi bidang tugas dan divisi. Ada beberapa pengecualian kecil, yaitu dalam beberapa kasus terjadi hubungan pekerja yang bersifat silang. Selain formal dalam industri, kadang-kadang ada juga peraturan nonformal yang disepakati bersama.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close