Hakikat - Hakikat Hubungan Industrial

5/23/2018

Hubungan industrial merupakan bagian dari hubungan industrial, dimana suatu pekerjaan dapat berkembang menjadi hubungan industrial apabila memenuhi kriteria. Terjadi hubungan kerja Antara pihak-pihak secara kolektif dalam suatu proses produksi, yaitu melibatkan sekelompok pekerja dalam suaru organisasi kerja maka hubungan kerja itu berubah menjadi hubungan industrial.

Sebaliknya, suatu hubungan kerja yang masih bersifat perorangan atau melibatkan sekelompok orang dalam suatu organisasi kerja belum bisa disebut sebagai hubungan industrial. Pada awalnya hubungan industrial dilihat sebagai penyelesaian konflik dengan menetapkan regulasi formal dan non formal, baik itu menyangkut substansi konflik mapun penyelesaian.

Semakin kompleksnya masalah yang muncul maka hubungan industrial menjadi perhatian hubungan industrial yang tidak lagi terbatas pada pelembagaan regulasi kerja. Tetapi, membentuk prilaku dan interaksi berbagai pihak ditempat kerja yang membentuk hubungan ketenagakerjaan Antara manajemen dan buruh, yang meliputi perbedaan kepentingan.
Secara sederhana, hubungan industrial dapat diartikan sebagai suatu system hubungan yang terbentuk diantara para pelaku proses produksi barang dan jasa. Sementara, tujuan hubungan industrial adalah meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Karena, kedua hal tersebut saling terkait guna peningkatan produktivitas. Dan biasanya industrial merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan kinerja dengan didukung adanya perkembangan teknologi produksi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close