Komponen-Komponen Pembangunan Sosial Budaya

5/29/2018

Memahami komponen bangsa, maka utama pembangunan di dalam bidang social budaya dapat berbeda antar satu Negara dengan Negara lainnya. Hal ini dapat dipahami, jika bidang prioritas yang dimunculkan, dari kondisi yang dihadapi, serta persepsi yang ada tentang bidang social budaya dalam Negara yang bersangkutan. Pada umumnya, yang dapat dipahami jika, sasaran pambangunan dapay dipahami sebagai manifest perubahan.

Sasaran pembangunan mengenai kebudayaan Nasional, tentunya sasaran yang dicapai dalam pembangunan kebudayaan Nasional adalah menjaga kepribadian bangsa melalui upaya-upaya penghayatan sejarah bangsa. Hal ini terutama dalam membangkitkan dan memelihara rasa nasionalisme, kepribadian suatu bangsa, dan berbagai wujud kebudayaan.
Kemudian, pembangunan dalam kehidupan beragama diarahkan pada kesejahteraan mental dan spiritual sebagai salah satu hak asasi manusia yang asasi. Kehidupan beragama yang fundamental pada umumnya diatur dalam konstitusi yang menjamin kebebasan beragama bagi warganya. Peran Negara, berupaya pada terciptanya kerukunan antarumat beragama.

Sementara, yang perlu dipahamai mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam hal ini sasaran pembangunan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi warganya agar bangsa yang bersangkutan menjadi bangsa yang cerdas. Hal ini, perlu dukungan dalam pembangunan untuk meraik hal yang lebih baik dari segi kehidupan berbangsa. 

Dengan bergeraknya ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diharapkan adanya kompetisi yang sehat dalam proses melaju pembangunan bangsa yang bersangkutan. Kemudian, pembangunan dibidang kesejahteraan pada umumnya diarahkan dalam upaya pemenuhan kebutuhan fisik dan pelayanan kesehatan serta pemberdayaan (empowering) ekonomi, terutama kepada masyarakat yang mengalami disfungsi social baik disebabkan karena factor intern maupun factor ekstern.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close