Proses Perubahan Sosial Dan Budaya

5/29/2018

Yang perlu dipahami ketika perbedaan budaya dan social saat ini merupakan bagian dari perdebatan para ahli. Tetapi yang perlu dipahami ketika perubahan social begitu berkaitan dengan perubahan yang terjadi pada aspek-aspek kehidupan social (status dan peran serta individu), sedangkan perubahan kebudayaan berhubungan dengan perubahan yang terjadi pada tingkat ide-ide atau gagasan, seperti pengetahuan dan keyakinan keagamaan.

Akan tetapi, ada juga para ahli yang mempunyai perubahan social dan perubahan kebudayaan bahwa ada hubungannya dengan masalah perbaikan dan cara hidup manusia. Kebudayaan, merupakan sesuatu yang kompleks dan mencakup pengetahuan, kepercayaan, moral, seni, hokum, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat.

Pandangan dalam hal ini, jelas bahwa system hubungan organisasi social dalam masyarakat, secara teoritis dan analisis pemisahaan Antara pengertian masyarakat dan kebudayaan dapat digambarkan dengan persoalan yang ada, tetapi pada kenyataan social sehari-hari garis pemisah tersebut sukar untuk dipertahankan. Perubahan yang terjadi di masyarakat seringkali direspons berbeda-beda oleh anggota masyarakat tersebut. Kemudian, ada kelompok masyarakat yang senag dengan perubahan yang terjadi dengan integrasi social.
Baca Juga :
Cara pandang dalam perubahan karena tata kehidupan sebelumnya dirasakan lebih cocok dengan cara pandang berbeda, dimana kondisi demikian seringkali menimbulkan disorganisasi social, risiko semacam ini seringkali dialami oleh masyarakat. Sehingga, persoalan suati perubahan memang tak jauh dari persoalan yang ada.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close