Manifestasi Revolusi di Masyarakat Tentang Perubahan

5/28/2018

Dalam kehidupan dewasa saat ini, banyak hal yang mengalami proses perubahan yang begitu cepat, dimana proses globalisasi dan kemajuan teknologi serta kemudahan mengakses informasi sangat penting dan memungkinkan bagi suatu masyarakat untuk mengalami perubahan yang sangat cepat, dimana seringkali arah perubahan tersebut sulit untuk diantisipasi.

Perkembangan masyarakat akan melalui tahap-tahap tertentu, seperti yang dikemukakan penganut evolusioner. Begitu banyak ahli mengatakan bahwa revolusi adalah manifestasi yang luar biasa tentang perubahan. Masyarakat seringkali dihadapkan pada pola hidup yang benar-benar baru tanpa sedikit ada hal yang benar-benar berbeda.

Jika dipahami dengan seksama mengenai revolusi, maka yang harus dipahami adalah mengenai perubahan besar dalam masyarakat dan biasanya perubahan yang berkaitan dengan dasar-dasar atau pokok kehidupan yang sangat cepat. Revolusi akan berkaitan dengan perubahan yang mencakup sangat luas dari tingkatan dimensi masyarakat, ekonomi, politik, kebudayaan, organisasi social, kehidupan, dan manusia.

Semua perubahan yang dilakukan dengan revolusi yang sangat cepat, merupakan bagian dari inti tatanan dan fungsi-fungsi kemasyarakatan. Dimana sifat perubahannya begitu sangat cepat dan menadi proses sejarah manusia. Perubahan yang menjadi tanda revolusi mudah dikenali sebagai kekecualian dan mudah dingat, dimana revolusi membangkitkan pemikiran dari mereka yang terlibat.
Konsep modern saat ini, merupakan hal modern dan bersifar revolusi dimana ada 2 tradisi intelektual, yaitu pandangan sejarah (historiosophical) dan sosiologis (sociological). Berdasarkan konsepsi sejarah, revolusi yang bercirikan suatu penyimpangan yang kesinambungan. Sehingga, pandangan seperti ini dapat diamati jika aspek fundamental dan tingkat transformasi masyarakat, seperti hal nya peristiwa revolusi besar.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close