Peran Pola Perubahan Sosial Masyarakat Pedesaan

5/27/2018

Perubahan yang ada di masyarakat pedesaan selain bisa terjadi karena adanya perubahan lingkungan maupun perubahan komposisi penduduk juga terjadi karena adanya difusi atau penyebaran kebudayaan dari luar Desa. Perubahan ini bisa berasal dari Desa lain maupun juga dari kota. Salah satu bentuk perubahan kebudayaan adalah hal teknologi.

Teknologi yang berkembang secara cepat di dunia pada umumnya berdampak pula pada masyarakat pedesaan. Mulai dari teknologi yang berkaitan dengan mata pencaharian sampai teknologi yang berkaitan dengan dunia Gadget. Jika memaham perkembangan teknologi di bidang mata pencaharian maka awalnya masyarakat Desa khususnya masyarakat pertanian mengandalkan pada teknologi yang sederhana.

Kemudian, penggunaan inovasi baru yang digunakan juga dapan menjadi bagian dari perubahan teknologi. Sementara, dalam masyarakat Nelayan adanya perkembangan teknologi yang digunakan pada awalnya hanya mengandalkan pada perahu sederhana dan angin. Perubahan yang terjadi tentunya serta merta bisa dirasakan oleh masyarakat pedesaan karena dalam perubahan teknologi yang semakin maju biasanya selalu diiringi dengan keharusan memiliki moda.
Sementara, lokasi Desa yang terkena jalan tol misalnya, dimana masyarakat yang terkena dampak pembangunan pertanian karena lahanya maka bisa beralih ke profesi yang berbeda. Upaya-upaya yang dilakukan saat ini, merupakan salah satu bagian dari pola perubahan terhadap masyarakat. Begitu juga dengan pedesaan, dimana perubahan yang dilakukan dapat menjadi bagian dari peningkatan produksi terhadap permintaan dan penawaran dalam system ekonomi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close