Human Culture Social : Pembangunan Berwawasan Budaya Bagi Generasi ?

5/06/2018

Mengapa manusia perlu melakukan pengelolaan pembangunan berdasarkan budaya?, pengelolaan budaya dapat dilakukan jika difungsikan sebagai perubahan yang terjadi pada lingkungan yang aikibatkan sebagai pemanfaatan yang dilakukan berdasarkan peristiwa, keseimbangan lingkungan dan manusia.

Hal ini, dapat dikatakan sebagai proses dalam setiap pembangunan berdasarkan fungsi dan berdasarkan kebutuhan pembangunan berbasis budaya.

Dengan kata lain, yang dimaksud dengan perubahan lingkungan dapat dikatakan berasal dari manusia, dan juga factor alami tetapi perubahan tersebut belum tentu sama. Namun, pada akhirnya apapun perubahan yang terjadi pada lingkungan, manusia juga mesti dilakukan gunaka keseimbangan dalam pembangunan.

Jika memahami masalah lingkungan tentunya dihadapkan pada banjir, tanah longsor, polusi udara temperature udara, pemanasan global dan lainnya, yang tentunya ditimbulkan dari persoalan lingkungan. Berbeda jika budaya, dimana masyarakat dapat menggunakan fungsinya sehari-hari berdasarkan dengan kebutuhan masyarakat.

Sedangkan manusia sebagai subjek lingkungan berarti manusia memiliki kemampuan untuk linkungan, dan meneksploitasi. Manusia mampu merombak, memperbaiki dan mengkondisikan lingkungan seperti yang dikehendaki.

Hal ini dikarenakan manusia mampu berpikir serta merencanakan pembangunan kedepannya, kemudian manusia memiliki ilmu pengetahuan, dan manusia memiliki akal dan budi sehingga dapat memilih hal yang baik.

Kemudian, peranannya sebagai subjek lingkungan manusia diharapkan mampu melakukan pengelolaan lingkungan adalah sebagai upaya dalam pemanfaatan, penataan, pemeliharaan, pengawasan, pemulihan dan pengembangan lingkungan terutama lingkungan alam.Mengapa lingkungan alam? Hal ini dikarenakan perlu diusahakan kelestarian dan keberadaannya untuk mendukung kesejahteraan manusia.

Dalam hal ini, pengelolaan lingkungan memiliki tujuan, dimana mencapai kelestarian hubungan manusia dengan lingkungan sebagai tujuan pembangunan manusia, pengendalian pemanfaatan sumber daya secara bijaksana, mewujudkan manusia sebagai lingkungan hidup.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close