Pembenahan Dimulai Dari Tingkat Desa

5/14/2018

Fenomena suatu Desa merupakan sesuatu hal yang sederhana untuk dipahami , kebiasaan , kegiatan sehari-hari, terutama apa yang dilakukan oleh masyarakat secara sederhana akan begitu tampak. Hal ini, tentunya hal yang begitu positif untuk diketahui. Peran lembagan Desa merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari system yang ada di masyarakat.

Kita pahami bahwa Desa sebelum Negara saat ini, merupakan salah satu cerminan bahwa Desa sangatlah mandiri. Kemandirian ini tentunya menyangkut banyak aspek, bahkan pada awalnya mungkin mencakup hampir semua aspek kehidupan. Aspek tersebut, bisa menyangkut kebijakan mengenai Desa, ekonomi, social dan pemerintah.

Meskipun akan diketahui, bahwa persoalan yang ada di Desa akan diketahui begitu kompleksitas dan diferensiasi. Masyarakat Desa dalam artian ini benar-benar merupakan suatu kesatuan social, ekonomi dan budaya atau merupakan kesatuan komunitas kecil yang jelas identitasnya. Pembenahan, akan dimulai dari tingkat Desa, dimana kondisi Desa merupakan persoalan dan penentu dari aspek yang saat ini harus diutamakan.

Pembenahan Desa, harus dipahami dari tingkat keberagaman dan heterogenitas Desa-Desa yang ada di Indonesia tentu kurang menguntungkan sebagai salah satu komponen penyangga bagi kokohnya system kenegaraan, hal ini agar system yang ada di Desa dan berbagai fungsi dapat dikondisikan dengan baik. Meskipun diketahui bahwa Desa-Desa yang secara sosiologis telah berkembang menjadi kekotaan, namun secara formal masih berkedudukan di Desa.
Pembahasan mengenai Desa, tentunya bukan mengenai perubahan kemasyarakatan , melainkan perubahan yang lebih berkait dengan status Desa yang juga memiliki pengaruh yang sangat penting bagi perkembangan Desa din Indonesia dan masa mendatang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close