Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

5/21/2018

Sistem ekonomi pasar yang menyebabkan ketidakseimbangan ekonomi akan berdampak pada resesi ekonomi. Oleh karena itu, peranan berbagai pihak diperlukan untuk mempengaruhi perekonomian guna mengatasai gangguan ekonomi. Kenaikan harga berlebihan, tingkat kebutuhan kerja tinggi, iklim persaingan usaha dan lainnya.

Dalam hal ini, harus dipahami ketika Negara turut ambil bagian dalam memperbaiki sistim ekonomi masyarakat. Ini di pahami sebagai ekonomi sosialis atau system skonomi terpusat yang menjadi muncul. Nah, meskipun ada kelemahan baik dari system ekonomi pasar maupun system ekonomi pusat yang memunculkan system ekonomi campuran, maka dikenal sebagai system ekonomi campuran.

Turut serta dalam ekonomi campuran ini, merupakan salah satu langkah dari peranan pasar dalam menentukan kegiatan ekonomi yang masih diakui sebagai peranan pasar dalam menentukan tingkat keseimbangan harga dan jumlah barang dan jasa dalam perekonomian yang masih terjadi. Penerapan system ekonomi ini merupakan salah satu langkah sebagai koreksi terhadap kelemahan-kelemahan ekonomi yang terjadi.

Dengan demikian, pemerataan pendapatan masyarakat dapat diarahkan sebagai kebutuhan pokok yang ada. Maka, ada yang namanya kebijakan fiscal dan moneter dalam hal ini. Untuk memahami system ekonomi dan kebijakan yang diterapkan maka, masyarakat harus mengetahui bagaimana system dan mekanisme tersebut berfungsi sebagai mana mestinya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close