Memahami Peran Pasar Dan Negara Terhadap Ekonomi Modern

5/21/2018

Yang dipahami secara mendasar adalah bahwa manusia mempunyai banyak sekali kebutuhan akan barang dan jasa yang dikonsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, timbul pertanyaan bagaimana barang dan jasa tersebut dapat kita peroleh dengan mudahnya? Coba bayangkan ketika kita beli teur dipasar, dan bagaimana adanya telur. Sementara, yang harus diketahui lagi ketika bagaimana system pasar bekerja di system perekonomian, dan kemana arahnya konsumsi tersebut.

Untuk memahami hal tersebut, maka mekanisme pasar merupakan paling utama dari system ekonomi masyarakat. Bekerjanya system pasat tersebut adalah tanpa adanya seorang pun dan individu yang mengaturnya. Semua berjalan, oleh interaksi tiap individu dan pasar yang dibimbing oleh sesuatu yang tidak kelihatan, yang disebut dengan invisible hand, dimana adanya keseimbangan pasar harga dan output.

Setiap individu akan melakukan tindakan-tindakan ekonominya berdasarkan motif-motif ekonomi tertentu, seperti mencari untung, insentif dan bonus yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan tiap individu. Mekanisme pasar dalam mengatur semua orang aktibitas ekonomi dan bisnis akan selalu menjadi bagian dari keseimbangan dari tiap interaksi (proses pertukaran) antarindividu atau yang mengacu pada system harga dan pasar.
Baca Juga :
~Pengertian Sistem Ekonomi Campuran
Dalam ekonomi pasar, tidak ada memang sulit dipahami terkadang, karena proses berlangsungnya beragam. Tetapi, kebutuhan dasar masyarakat dapat dipahami sebagai system masyarakat yang ada mekanismenya. Saling keterkaitan tersebut, merupakan bagian dari proses produksi dan distribusi, karena hal tersebutkan mengapa system mekanisme pasar tercipta. Maka, dalam system ekonomi dikenal dengan what, how, dan for Whom. Jika ada keseimbangan dari semua pasar barang-barang dan jasa-jasa untuk mencapai keseimbangan secara bersama-sama dan yang perlu diketahui dalam ekonomi utama yaitu kelangkaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close