Pengertian Teknologi Dan Pola Produksi Pada Masyarakat

5/03/2018

Dahulu masyarakat meramu dan berburu menggunakan pola teknologi dan pengetahuan yang mereka miliki masih dengan sangat sederhana. Mereka tentunya belum mengenal teknik-teknik bercocok tanam (pertanian) dengan menggunakan alat. Berbagai teknik yang digunakan dalam pembuatan logam belum dikenal oleh masyarakat meramu dan berburu.

Oleh karena itu, pola teknologi dan ilmu pengetahuan yang dikenal masyarakat meramu dan berburu masih sangat sederhana, dan mereka juga menggunakan transportasi yang sederhana untuk dikembangkan. Kemudian, masyarakat meramu dan berburu pada umumnya memiliki tingkat keterisolasian yang relative tinggi baik dengan dunia luar maupun sesama kelompok masyarakat meramu dan berburu lainnya.

Masih dengan sangat sederhana ketika itu, dimana perekonomian di aspek pertanian sangat mempengaruhi tingkat penggunaan pengetahuan dan teknologi, hal ini tentunya menyebabkan hidup mereka berkembang menjadi sangat sederhana dan sangat bergantung pada sumber daya alam yang disediakan.
Baca Juga :
~Masyarakat Holtikultura
~Teknologi Dan Pola Produksi Masyarakat Holtikultura
Jika dipandang secara sosiologis, hal yang menjadikan masyarakat meramu dan berburu dapat dipandang sebagai satu komunitas lokal atau komunitas tunggal yang otonom, baik itu secara sosial ekonomi, politik dan budaya mereka. Untuk mengetahui kesederhanaan pola teknologi dan ilmu pengetahuan yang menyebabkan pola hidup dan kehidupannya yang dikembangkan menjadi sangat sederhana.

Meskipun yang diketahui bahwa teknologi dan pengetahuan sangat amat berhubungan erat dengan pola produksi suatu masyarakat, maka pada masyarakat meramu dan berburu dapat diketahui bahwa sarana produksi yang mereka gunakan ternyata berpengaruh dengan bahan-bahan yang pada umumnya menjadi sangat terbatas.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close