Perkembangan Teknologi Bagi Masyarakat Dan Individu

5/05/2018

Ilmu pengetahuan merupakan hasil dari usaha manusia untuk memberikan perubahan bagi terciptanya sistem dan mekanisme yang ada di masyarakat. Hal ini, tentunya yang menentukan keilmuan dan daya pikir manusia yang semakin kreatif dan inovatif. Teknologi, diciptakan untuk memberikan perubahan yang positif. Tetapi, bukan berarti mengubah kebiasaan kita yang ada di masyarakat.

Perkembangan peradaban manusia tidak terlepas dari dampak yang muncul akibat dari perkembangan teknologi yang diciptakan manusia. Perkembangan ilmu pengetahuan, mendorong munculnya inovasi dalam bidang teknologi yang kemudian keduanya mencorong perubahan pada manusia. 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tentunya saling mempengaruhi satu sama lain dan keduanya mampu membentuk perkembangan peradaban manusia. Dalam perkembangan selanjutnya, perkembangan peradaban umat manusia akan menuntut adanya perkembangan ilmu pengetahuan, yang mampu menyesuaikan peradaban manusia yang sedang berjalan.

Jika dilihat hubungannya antara ilmu pengetahuan dan teknologi yang cenderung bersifat linear positif, maka perkembangan ilmu pengetahuan akan memberikan pengaruh pada perkembangan teknologi. Akan tetapi, ilmu pengetahuan dan tidak bersifat linear positif dengan peradaban manusia. Artinya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mempengaruhi kondisi peradaban manusia jika tidak terarahkan. 

Sedangkan dampak yang timbul akan mepengaruhi kemunduran terhadap peradaban manusia. Dimana, persoalan ini akan tidak baik jika tidak digunakan dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang saat ini berkembang dengan pengetahuan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close