Aspek-Aspek Lembaga Sosial Terhadap Kepariwisataan

6/08/2018

Lembaga social merupakan tunas tumbuhnya kelompok social yang ada di masyarakat, organisasi social, dan sebagainya. Lembaga social tentunya memiliki aspek yang begitu dinamis untuk dipahami berdasarkan fungsi-fungsi sosialnya. Bidang kegiatan kepariwisataan misalnya memiliki unsur, karakteristik dan fungsi social sebagai wujud nyata, dan bisa diamati hubungan-hubungan yang terdapat pada lembaga social terkait kepariwisataan.

Ada hubungan-hubungan yang memiliki peranan social dalam memenuhi kebutuhan dasar, pokok bagi wisatawan dalam perjalanan wisatanya, dimana kebutuhan pangan, tempat tinggal (istirahat) kesehatan, transport wisata dan sebagainya. Norma dan lembaga social yang meliputi atau yang terdiri atas tata cara, yang meliputi kebiasaan, adat istiadat, dan upacara tradisi di masyarakat.
Pariwisata merupakan suatu bentuk gabungan atau campuran dari berbagai jenis lembaga social yang ada di masyarakat. Jenis lembaga social terkait dengan kebutuhan bidang kepariwisataan adalah ekonomi, politik, dan social budaya. Oleh sebab itu, hal tersebut merupakan kesatuan yang utuh dan kompleks. Jenis lembaga social terkait dengan fungsi kebutuhan kepariwisataan dan memiliki fungsi masing-masing.

Dinamika bidang pariwisata dalam proses kepariwisataan merupakan proses perkembangan yang kerap terbentur fungsi dan peranan dalam melakukan layanan wisata. Maka, dalam bidang pariwisata merupakan satu kesatuan (system social) yang masing-masing memiliki fungsi yang dijalankan dan saling mendukung dan melengkapi, dengan interaksi social yang cenderung rumit dan kompleks.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close