Fenomena Perubahan Sosial Budaya Masyarakat

6/07/2018

Perubahan social dan kebudayaan terjadi dan menjadi salah satu dalam proses modernisasi, dan hal ini merupakan usaha yang sesuai dengan zaman konstelasi hidup yang berlangsung sekarang atau kehidupan actual, bahkan antisipasi terhadap perkembangan serta arus kemajuan yang terus berlangsung. Usaha tersebut bukan karena suaru kinerja yang spontan, tetapi suatu keyakinan akan kemajuan dan pembaharuan yang wajib dilakukan.

Kemudian, jika ada pemaknaan teori modernisasi suatu Negara terbelakang akan menempuh jalan sama dengan Negara industri maju di Barat, sehingga kemudian akan menjadi Negara Industri dan berkembang melalui proses modernisasi. 

Proses transisi dari keadaan yang tradisional ke modernitas melalui beberapa proses, yaitu proses antara lain proses revolusi demografi, dan terbukanya system stratifikasi dan peralihan dari struktur feudal ke birokrasi, kemudian menurunnya agama dan pendidikan yang bersifat formal serta munculnya kebudayaan massa dan munculnya perekonomian pasar serta industrialisasi.
Baca Juga :
~Persoalan Dan Batasan Perubahan Sosial
~Perubahan Sosial Masyarakat Desa Menurut Para Ahli
Sedangkan untuk globalisasi dijelaskan sebagai arus informasi dan komunikasi tanpa batas terhadap kehidupan masyarakat di dunia. Arus informasi yang berkembang cepat tentunya akan menumbuhkan suatu cakrawala pandangan manusia terhadap perubahan budaya dan penembusan batas darat, perairan udara dan bumi yang ada pada globalisasi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close