Gagasan Mengenai Kelompok Referensi

6/04/2018

Menurut Doyle Paul Johnson menjelaskan bahwa kelompok yang merupakan dasar bagi seseorang untuk penilaian diri, perbandingan, dan bimbingan normatif. Kelompok tersebut dimaknai sebagai anggota, dimana gagasan dapat menjelaskan bahwa suatu konsep diri individu dan sikap berasal dari suatu kelompok, dimana tempat mengindentifikasi dirinya.

Kelompok mengindentifikasi kelompok referensi sebagai kelompok yang prespektif, sebagai kerangka referensi dalam menata suatu persepsi. Selanjutnya, kelompok referensi menyatakan kelompok referensi normative, yaitu suatu kelompok yang menempatkan individu-individu dalam mengambil standar normatif. Kemudian, menurut Robert K. Merton mengatakan bahwa pendekatan fungsionalisme structural harus membedakan adanya pengertian fungsional dan disfungsional.
Kelompok yang indentifikasi sebagai bagian dari fungsi normative dan dijelaskan bahwa kelompok referensi menekankan norma tertentu kepada para anggotannya untuk dijadikan pedoman dalam perilakunya sebagai sesuatu yang diyakini. Sedangkan fungsi pembanding kelompok referensi hanya digunakan bagi individu untuk mengetahui apakah perilaku sudah baik dan tidak.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close