Perkembangan Masyarakat Indonesia Mengenai Keragamaan Budaya

6/04/2018

Muktikuturalisme adalah sebuah perkembangan masyarakat di Indonesia setelah masa colonial, pada kenyataan yang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia terdiri dari beragam budaya yang memahami perbedaan dengan konsep pluralism, karena dalam sehari-hari konsep multicultural dan plural digunakan secara tumpan tindih? Jika memahami konsep sebuah ideology yang mengakui dan mengagungkan perbedaan maka yang mencakup perbedaan tersebut adalah individual dan perbedaan secara budaya.

Sebuah pemahaman yang mengagungkan perbedaan, dimana akan mencakup individual dan perbedaan secara budaya. Multukulturalisme menjadi acuan keyakinan untuk terwujudnya pluralism budaya, dan terutama memahamu apa yang menjadi keragamaan budaya. Jika memahami suatu kebudayaan maka, pada dasarnya adalah plural artinya kebudayaan yang melihat hasil interaksi yang terus menerus antara beragaman tradisi dan berbagai cabang pemikiran.
Kebudayaan tumbuh dan berkembang dari interaksi, baik secara sadar maupun tidak sadar dengan kebudayaan lain. Sebagian mendefinisikan identitas mereka dalam kerangka apa yang dipandang sebagai sesuatu yang penting dan baik bagi mereka dan sedikitnya sebagian dari asal muasalnya dapat dikatakan multicultural.

Konsep multikuluralisme menjadi penting dalam ruang dimana pertemuan-pertemuan budaya tidak dapat dihindari. Perbedaan dan keberagamaan budaya secara tidak sadar maupun tidak sadar dapat menjadi bagian dari arahan baik dan tidaknya pandangan terhadap budaya. Meskipun, kita ketahui bahwa konflik yang terjadi tak lepas dari persoalan budaya pula.

Tetapi, dengan perkembangan masyarakat saat ini, dalam melihat bagaimana melihat budaya sebagai bagian dalam kesatuan, tentunya kecerdasan masyarakat dalam menghadapi persoalan ini merupakan bagian dari pilihan dalam keinginaannya untuk tetap menjaga dan berbudaya. Dalam arti tetap menjaga unsur pemersatu dan saling menjaga kesatuan budaya. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close