Globalisasi Budaya Terhadap Peradaban Indonesia

6/05/2018

Pemahaman kita mengenai masyarakat Indonesia adalah, dimana ada kewajiban yang perlu dihadapi dan dilakukan  dalam melestarikan warisan budaya. Dalam hal ini, yang katanya membangun kebudayaan Nasional Indonesia yang modern. Kemudian, upaya dalam membangun masyarakat modern yang khas Indonesia.


Kemudian, mampu membangun dengan bangsa lainnya serta memiliki ketangguhan untuk menghadapi tantangan adanya kemerosotan lingkungan hidup, arus ilmu dan teknologi modern serta kecendrungan global yang membawa daya tarik yang kuat menuju arah pola hidup yang bertentangan dengan nilai-nilai dan budaya.

Untuk memahami mengenai proses perubahan yang saat ini berlangsung maka, dapat dipahami sebagai proses transformasi dari masyarakat Industri menuju masyarakat informasi, dimana pada masa ini masyarakat dan segala kemajuannya sangat dipengaruhi oleh penguasaan atas informasi. Misalkan evolusi dalam hal teknologi yang tak bisa hindari akan merubah peradaban manusia  dari satu masa ke masa berikutnya.
Perubahan dalam hal ini, seperti mengubah evolusi suatu kebudayaan, Perkembangan teknologi pada abad ke 21 sudah tidak bisa dikatakan sebagai evolusi, karena terjadinya adanya lompatan-lompatan  besar jauh ke depan dalam jangka waktu yang sangat singkat, dalam konteks peradaban manusia. Kemudian, adanya revolusi informasi dan komunikasi dalam abad ke 21 ini tentunya mempengaruhi kecenderungan perubahan mendasar dalam kehidupan manusia.

Proses perubahan tentunya akan berlangsung terus dan belum tahu akan berhenti, karena menurut para ahli adanya disorientasi, dislokasi atau krisis social budaya di kalangan masyarakat Indonesia, dikarenakan ekspansi budaya barat yang diakibatkan sebagai proses globalisasi yang hampir tidak terbendung. Berbagai ekspresi social budaya yang sebenarnya asing tetapi, karena kulrural  dalam masyarakat muncullah suatu kondusif bagi kehidupan social budaya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close