Perubahan Sosial Budaya Yang Bersifat Dinamis Terhadap Kelompok Sosial

6/06/2018



Perubahan social budaya merupakan keadaan dinamis yang terjadi dalam proses-proses social dan budaya yang mempengaruhi struktur kebudayaan masyarakat. Hal ini, dikarenakan perubahan social budaya seperti struktur dan institusi social kelompok dan hubungan kelompok masyarakat, dimana interaksi dan social. Dimana hal ini dapat dipahami sebagai norma dan nilai, kepercayaan, pengetahuan, bahasa, teknologi, dan unsur budaya lainnya.
Manusia, sebagai makhluk social adalah akan hidup dalam dinamika social budaya dan kehidupannya. Hal ini, tak bisa dihindari sebagai manusia. Jika kondisi perubahan social yang terjadi begitu dinamis, maka hal yang perlu direspon tentunya hal yang positif. Karena, ini merupakan bagian dari kehidupan berbudaya. Meskipun kita tahu bahwa kehidupan berbudaya masyarakat begitu berbeda dan beragam, maka setiap social budaya tiap unsur memiliki dimensi yang berbeda.

Perubahan social budaya masyarakat juga akan dipengaruhi cara berpikir masyarakat dan anggotanya yang selanjutnya merubahan secara perlahan peradaban mereka sendiri. Atau dalam hal ini dapat dipahami sebagai jalan alamia yang mungkin tak bisa terhindar dari ilmu pengetahuan, industry, Militer, dan tahap metafisik. 

Tahap peradaban inilah yang dinamakan sebagai perkembangan peradaban dan membawa perubahan pada kondisi dimana semakin banyaknya kemajuan teknologi industry dan pengetahuan modern yang berubah berbagai aspek kehidupan, dan sejarah peradaban.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close