Struktur Biososial : Bagian Keadaan Masyarakat Desa

6/26/2018


Struktur biososial pada dasarnya lebih berkaitan dengan masyarakat yang masih bersahaja atau belum maju, tetapi jika kita melihat berbagai perbedaan yang ada di masyarakat Desa maka yang dipahami bagaimana kaitannya dengan factor yang berlangsung di masyarakat Desa.

Keterkaitan dengan masyarakat Desa dapat diperlihatkan lewat mata pencaharian suatu masyarakat. Dalam masyarakat yang masih bersahaja, yakni ketika manusia masih dalam tingkat food gathering economics, sampai dengan ketika mereka telah mengenal bercocok tanam yang masih bersahaja, pengalaman  dan sangat dibutuhkan dalam melihat eksistensinya.

Maka, dalam hal ini dikenal dengan etnologi yang dikenal dengan konsep potlatch, pada dasarnya masyarakat Desa memahami bagaimana pengetahuan mereka dalam menjadi bagian dari proses perkembangan sebagai masyarakat yang maju.
Dengan kata lain, struktur biososial pada masyarakat Desa pada umumnya masih cukup terlihat, dibeberapa daerah bahkan masih dominan, misalnya dengan sebutan yang mendasari masyarakat Desa itu sendiri. Tetapi, seiring berkembangnya waktu maka perubahan terjadi yakni semakin meluas dan intensifnya pengetahuan, lewat lembaga pendidikan, media massa.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close