Good Governance : Reformasi Diberbagai Pihak

7/26/2018

Jika memahami bagaimana system Negara menjalankan roda pemerintahan, maka yang perlu dipahami ketika system tersebut berjalan sesuai dengan konsep yang ditawarkan bagi reformasi birokrasi, dimana ada penerapan terhadap roda pemerintahan yang baik.

Dalam model ini, Negara diharapkan menjalankan kerja sama dan sinergi dengan lembaga swasta dan kalangan masyarakat dalam menjalankan fungsi pelayanan public. Untuk dapat menjalankan peran tersebut dengan baik, maka setiap birokrasi harus menjalankan prinsip pemerintahan dengan baik.

Prinsip-prinsip yang dimaksud dalam hal ini, diantaranya akuntabilitas, transparansi, pengawasan, partisipasi, responsif, efisien, efektif, kesetaraan, serta professional. Prinsip tersebut, yang harus disebarkan ke dalam birokrasi agar bisa bekerja secara optimal.

Ketika, ada terjadi dugaan penyelewengan maka secara langsungkan semakin meningkatkan pengawasan atas berkembangnya praktik pemerintahan yang buruk. Dengan demikian, apa yang diterapkan dengan adanya tercipta birokrasi yang modern, rasional, netral dan professional guna menjaga kepentingan public.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close