Peasan : Inovasi Teknologi pertanian Pada Masyarakat Petani

7/17/2018

Ketika kita membicarakan masyarakat dan mengingat pada sebuah masyarakat, maka yang ditandai dengan adanya perubahan karena kita ada masyarakat yang statis. Perubahan ini juga terjadi pada masyarakat petani. Sebab perubahan merupakan gejala normal yang melekat pada suatu system.

Hal ini, tentunya sudah menjadi hakikat manusia yang menjadi anggota suau system bahwa mereka tidak akan puas dengan keadaan yang telah dicapai dan selalu berupaya untuk mencapai keadaan yang telah dicapai dan berupaya menciptakan.

Jika untuk memahami masyarakat petani, maka kita juga harus memahami perubahan yang terjadi pada masyarakat petani. Robert H Lawer mengatakan bahwa masyarakat sebagai system yang berada dalam keseimbangan dan mencoba menganalisa aspek structural dalam suatu system (masyarakat) yang akan meyakini bahwa keseimbangan hanya dapat dipertahankan melalui perubahan suatu system. 

Demikian, juga dengan masyarakat petani, untuk menjaga keseimbangan mereka maka harus dilakukan melalui perubahan dimana mereka akan meyesuaikan dengan perubahan yang terjadi di sekitarnya. Jika memahami suatu proses inovasi yang dimiliki petani maka pembelajarannya ada pada masyarakat petani. Karena dengan memahami dengan baik, secara bertahap akan menciptakan sesuatu hal yang baru terhadap inovasi teknologi tersebut.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close