Memahami Pertanian Kepulauan Nusantara, Ada Di Indonesia

7/17/2018

Yang perlu diketahui ketika mengenal Indonesia, adalah berbagai perkembangan ragam pertanian di Kepulauan Nusantara, dimana system pertanian yang telah lama dikenal daerah Indonesia, yaitu system perladangan, (shifting cultivation), yakni jenis kegiatan pertanian yang berpindah-pindah, dan penanaman tanaman yang berumur pendek.

Kemudian, system pertanian yang berpindah-pindah dan penanaman tanaman yang berumur pendek, serta system persawahan (wet rice cultivation system), dan system kebun yang menggarap tanaman yang berusia panjan (perennial) atau tanaman penghasil panenan (crops) yang ditanam pada lahan tetap, dan system tegalan (dry field) yaitu tipe kegiatan penanaman tanaman pangan (food crops) secara tetap pada daerah lahan kering. 

Semua system yang dilakukan tersebut, merupakan system yang secara tetap diberlakukan kedatangan Bangsa Eropa, bahkan masih ada yang berlaku hingga saat ini. Jika dipahami begitu banyak proporsi yang ada di dunia antara tanah pertanian terhadap seluruh luar permukaan wilayah.

Jika memahami secara umum pembagian yang berguna untuk memisahkan berbagai macam ekosistem dengan macam dinamika yang berlainan dan dapat dipergunakan dalam memahami perbedaan yang mencolok dalam kepadatan penduduk dan produktivitas pertanian.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close