Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebudayaan Terhadap Konsumen

7/17/2018

Faktor kebudayaan mempunyai pengaruh paling luas terhadap perilaku konsumen, dimana yang perlu dipahami seperti pemasar harus memahami peran yang mencakup kultur, subkultur dan social di masyarakat. Kultur (kebudayaan) adalah factor penentu paling pokok dari konsumen itu sendiri. 

Yang dipelajari dari hal tersebut adalah nilai, persepsi, preferensi dan perilaku konsumen, jika seseorang yang tinggal di daerah tertentu dapat berbeda dengan orang lain yang berada di lingkungan yang lain, maka pemasar sangat dianjurkan melihat pergeseran kultur untuk menyediakan produk baru yang dinginkan konsumen.

Sebuah kultur mempunyai subkultur yang lebih kecil atau kelompok orang dengan system nilai yang sama berdasarkan pengalaman dan situasi mereka. Dimana, suatu daerah akan mempunyai citarasa dan minat etnik yang khas. Demikian pula dengan adanya kelompok keagamaan yang ada, seperti daerah geografik yang merupakan subkultur tersendiri.

Banyaknya subkultur ini merupakan segmen pasar yang penting dan pemasar sering menemukan manfaat dengan merancang produk yang disesuaikan dengan kebutuhan subkultur tersebut. Sehingga, dalam hal ini ada yang namannya identifikasi subkulturalnya karena hal tersebut yang mempengaruhi setiap pilihan konsumen dan memilih minat mereka. 

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close