Demokrasi Politik Sebagai Dinamika Di Masyarakat

7/11/2018

Dalam tatanan Negara modern, praktik penyelenggaraan demokrasi dilakukan melalui system perwakilan, dimana suatu negera berkumpul disuatu tempat serta menggunakan haknya sebagai pemegang kedaulatan sejati untuk menyelenggarakan Negara secara langsung. Indonesia yang memiliki luas yang besar ini bukanlah Negara kota yang melaksanakan demokrasi langsung.

Oleh karena itu, dengan memahami kedudukan lembaga politik dalam system politik Indonesia,  yang kemudian menjadi bagian dalam posisi parlemen yang berbeda masa pada Demokrasi sebelumnya. Hal tersebut, dikarenakan keterkaitan kedua lembaga Negara dalam berpolitik.

Hal ini, tentunya lembaga mengetahui sebab adanya perbedaan politik dan mungkin persoalan yang mempengaruhi peranan lembaga pada masa-masa tersebut.

Pada masa perubahan politik yang terus berlangsung, dimana tugas dan fungsi Negara menjadi bagian terpenting dalam menjaga kestabilitas dan keamanan suatu Negara.

Dukungan dan peran serta masyarakat tentunya akan memimplikasikan pada persoalan bangsa dan masyarakat yang kian akan berubah setiap masanya. Tentunya didorong beberapa factor yang mempengaruhi tatanan politik, terutama Indonesia. Dengan demikian, perubahan politik dapat dipahami sebagai dinamika di dalam masyarakat untuk memahami persoalan politik dalam negeri.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close