Masyarakat Desa Berdasarkan Perkembangan Desa

8/16/2018

Perubahan social yang terjadi pada masayarakat Desa akan berkaitan dengan era dengan karakteristik, serta pola perubahanmaupun perkembangan yang terjadi pada masyarakat desa secara umum. Dimana, yang berkaitan dengan proses perubahan social.

Misalkan era tradisional, era modern, era pra-industri, dan era industri, dimana turut serta secara umum dengan berbagai padangan kita terhadap evolusi, serta masyarakat yang berkembang kea rah yang kedua. Dengan mengikuti masyarakat Desa pada umumnya yang ditempatkan pada kelompok masyarakat era sebelumnya.

Tetapi, yang perlu dipahami ketika masyarakat Desa dan kola lebih berbeda masa untuk mperkembanganya, maka secara dikotomik banyak desa yang telah maju dengan pengaruh gobalisasi., dimana peredaran ekonomi uang menjadi bagian dari alat tukar masyarakat Desa, dapat dikatakan sebgaia ciri-ciri modern. 

Namun, memahami masyarakat Desa pada hakikatnya bukan merupakan unit ekonomi, tetapi sebagai masyarakat desa dengan hakikatnya lebih kepada unit social. Maka, dapat keterpaduan masyarakat Desa dapat menjadi bagian dari keberadaan Desa tersebut.


Dengan memahami hal tersebut, maka secara sosiologis dapat diketahui mengapa orang Desa begitu akrab satu dengan yang lain. Serta, kecendrungan dengan melestarikan tradisi yang dianut.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close