Bagaimana Hubungan Modernisasi Pertanian Dengan Globalisasi

8/16/2018

Modernisasi pertanian dapat digambarkan sebagai peranan Negara dalam mengembangkan potensi pertanian yang ada di wilayah Indonesia, dengan didukung dengan teknologi modern yang mencakup berbagai perkembangan dan kemajuan teknologi.

Berbeda hal dengan berbagai kebutuhan dalam memenuhi kebutuhan, serta usaha ekonomi. Karena ekonomi, pada masa era globalisasi merupakan proses penduniaan system kapitalisme modern yang cenderung liberal. 

Sehingga dapat dilihat ketika perubahan pola pertanian dari usaha pemenuhan kebutuhan keluarga berpola pertanian dari usaha ekonomi yang menyebabkan sector pertanian menjadi bagian yang tidak terelakan dalam system Global.


Dengan demikian, untuk mengubah pola pertanian peasantry/tradisional menjadi pola pertanian modern yang tidak lain dan bukan adalah penyesuaian pola pertanian peasantry/tradisional tersebut terhadap tuntutan system kapitalisme global.


Sementara, bagaimana dampak globalisasi terhadap pertanian ketiga? Sejauh ini, system ekonomi global masih menerapkan system pasar terbuka dengan asas persaingan bebas. Dengan menghadapi tuntutan system global ini petani dunia ketiga umumnya belum siap untuk mengikutinya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close