Apa Saja Keterkaitan Pembangunan Sebagai Perubahan Sosial

8/17/2018

Pembangunan merupakan bentuk perubahan social yang terarah melalui berbagai macam kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat. Pembangunan merupakan salah satu perubahan besar-besaran suatu bangsa dari saru keadaan manuju keadaan yang lebih baik sebelumnya.

Pengertian mengenai pembangunan adalah upaya meningkatkan manusia dengan mempengaruhi masa yang berdampak baik bagi meningkatkan kesejahteraan, membangun keberlanjutan dan mengurangi ketergantungan dari pihak lain.

Tujuan pembangunan mencakup 3 Aspek, yaitu pertumbuhan ekonomi, perubahan social, dan nilai etik. Pertumbuhan ekonomi terkait dengan kebutuhan, serta perubahan social yang dengan kebebasan memilih dengan corak hidupnya.


Nilai etik misalnya, dipahami sebagai nilai moral, adat istiadat, norma social, yang menunjukan identitas, dan kekokohan bangsa itu sendiri dalam hal ini, Indonesia. Untuk mencapai tujuan pembangunan membutuhkan pertumbuhan yang berhubungan dengan pendekatan pemerataan, ketergantungan, kebutuhan pokok, pedekatan tata ekonomi Internasional baru dan pendekatahn kemandirian.

Adapun pembangunan bidang politik, pembangunan bidang ekonomi, pembangunan bidang social budaya dan pembangunan bidang pertahanan keamanan. Maka, dari hal ini pembangunan nasional dapat dipahami sebagai suatu perubahan social yang berdampak pada aspek masyarakat.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close