Keberadaan Kebudayaan Bagian Tradisonal Masyarakat Pedesaan

8/31/2018


Persyratan bagi eksistensinya pola kebudayaan tradisional tidak hanya ada apa yang dipahami oleh Paul H. Landis, dimana pengaruh luar desa yang meliputi struktur kekuasaan tertentu yang mendominasi desa. Dengan pemahaman seperti maka, apa yang menjadi sebuah dasar dari Desa menjadi bagian terpenting untuk memahaminya.

Misalnya, apa yang gambatkan dalam sebuah buku dapat dipahami dari pengaruh masyarakat desa di Amerika Serikat, dimana adanya tradisi ataupun adat istiadat yang jelas dengan adanya ras dari sebuah  bangsa yang ketika itu ada di daratan Eropa. Pandangan seperti ini, merupakan bagian dari pemahaman mengenai Desa, khususnya di Indonesia, bahkan di daerah.
Pengaruh Desa, merupakan bagian terpenting dari persoalan sistim ekonomi, social dan politik yang memang sudah terbangun di masanya. Hal ini, dapat ditanggapi secara baik dengan adanya perkembangan desa di berbagai wilayah yang ada di Indonesia guna menjaga berbagai persoalan serta kebutuhan yang memang dibutuh dalam menghadapi perkembangan Global.

Ketahanan ekonomi, misalnya juga menjadi wujud bagi sistim ekonomi uang di pedesaan yang berlangsung, kemudian, social masyarakat pedesaan dengan berbagai kebudayaan serta pola budaya masyarakatnya yang berbeda-beda. Serta politik masyarakat pedesaan yang kian digambarkan sebagai identitas setip budaya yang kian beragam.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close