Dengan
memahami keputusan konsumen dalam pengambilan keputusan yang dikemukakan Kotler
dkk, dalam bukunya yang berjudul Social
Marketing , mengatakan bahwa seseorang atau kelompok yang daoat dikatakan
menerima ide baru, melalui tahapan, yaitu tahapan kepercayaan, sikap, dan
nilai.
Lebih
lanjutnya apa yang dimaksud dari tahapan adopsi kepercayaan, sikap dan nilai
pada program produk social. Seseorang dapat mengetahui hal ini, jika kepercayaan suatu produk dapat dipahami
sebagai keputusan seorang konsumen. Jika sikap dengan sebuah nilai, dan apabila
sudah mengatakan bahwa kesehatan yang
dikonsumsi konsumen dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan.
Kemudian,
mengacu dengan apa yang dikatakan oleh suatu kepercayaan yang diukur dari
kesadaran yang diungkapkan dengan
kata-kata, ini merupakan pengambilan sebuah keputusan konsumen. Sementara,
sebuah sikap merupakan respon dari seseorang untuk bertindak sesuai dengan cara-cara yang diharapkan.
Dengan
nilai merupakan pernyataan terakhir dari eksistensi yang dianggap bernilai atau
tidak, dimana seseorang akan membeli suatu produk, yang tentu dapat dipercaya
dulu bahwa produk yang akan diadopsi yang berguna untuk dirinya. Maka,
keputusan konsumen untuk produk yang diambil sangat berguna.
Dengan
demikian, tigasu dari pemasar social adalah meyakinkan produk mereka untuk
konsumen agar mampu menjadi sebuah
kepercayaan. Karena suatu produk social, merupakan ide atau gagasan baru, dan
mengadung arti adanya factor penolakan disisi lain.
0 comments