Social Market : Keyakinan Pengambilan Keputusan Konsumen

8/19/2018


Dengan memahami keputusan konsumen dalam pengambilan keputusan yang dikemukakan Kotler dkk, dalam bukunya yang berjudul Social Marketing , mengatakan bahwa seseorang atau kelompok yang daoat dikatakan menerima ide baru, melalui tahapan, yaitu tahapan kepercayaan, sikap, dan nilai.

Lebih lanjutnya apa yang dimaksud dari tahapan adopsi kepercayaan, sikap dan nilai pada program produk social. Seseorang dapat mengetahui hal ini, jika  kepercayaan suatu produk dapat dipahami sebagai keputusan seorang konsumen. Jika sikap dengan sebuah nilai, dan apabila sudah mengatakan bahwa kesehatan  yang dikonsumsi konsumen dapat memberikan efek yang baik bagi kesehatan.

Kemudian, mengacu dengan apa yang dikatakan oleh suatu kepercayaan yang diukur dari kesadaran yang diungkapkan dengan kata-kata, ini merupakan pengambilan sebuah keputusan konsumen. Sementara, sebuah sikap merupakan respon dari seseorang untuk bertindak  sesuai dengan cara-cara yang diharapkan.

Dengan nilai merupakan pernyataan terakhir dari eksistensi yang dianggap bernilai atau tidak, dimana seseorang akan membeli suatu produk, yang tentu dapat dipercaya dulu bahwa produk yang akan diadopsi yang berguna untuk dirinya. Maka, keputusan konsumen untuk produk yang diambil sangat berguna.

Dengan demikian, tigasu dari pemasar social adalah meyakinkan produk mereka untuk konsumen agar mampu  menjadi sebuah kepercayaan. Karena suatu produk social, merupakan ide atau gagasan baru, dan mengadung arti adanya factor penolakan disisi lain.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close