Memahami Komplesitas Masyarakat Pedesaan

8/02/2018

Apa yang menjadi dasar dari komplesitas masyarakat pedesaan tentunya terdapat pada suatu komunitas, dimana yang perlu diketahui adalah lokalitas, ikatan emosional anggota terhadap komunitasnya. Kemudian, unsur lokalitas yang sangat penting apabila kehidupan anggota komunitas secara langsung sangat tergantung kepada lokalitas tersebut.

Kemudian, lokalitas merupakan bagian daru suatu budaya masyarakat pedesaan dimana mereka tinggal. Disamping itu, dengan semakin banyaknya jumlah anggotanya akan semakin berkurang pula frekuensi hubungan langsung antara sesama mereka.

Sementara, mobilitas penduduk menjadi tinggi dengan semakin lancar dan meluasnya transportasi, maka keeratan hubungan anggota komunitas juga akan semakin menurun. Dengan demikian, keutuhan komunitas itu menjadi semakin sulit dipertahankan.
Sebelum menjadi Negara Industri yang maju dan modern serta belum memiliki jaringan komunikasi dan transportasi yang modern, dimana perbedaan antara komunitas desa dan kota masih terlihat jelas.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close