Pembentukan Sistim Sosial Masyarakat Heterogen

8/27/2018

Kelompok etnik memiliki kebudayaan yang meliputi batas-batas social budaya dan sejumlah atribut atau ciri-ciri budaya yang menandai identitas dan eksistensi mereka. Kebudayaan yang telah dimiliki masing-masing kelompok etnik menjadi pedoman bagi mereka.

Sementara, untuk memahami atribut budaya yang ada, seperti halnya adat-istiadat, tradisi, Bahasa, kesenian, agama, paham agama, daerah, serta berbagai hal yang tradisional, hingga pemahaman politik. Kesemua hal ini, dinamakan sebagai pemahaman yang menandai identitas kelompok etnik yang memiliki sifat stabil, konsisten, dan bertahan lama.
Pada masyarakat perkotaan yang cendering majemuk karena banyak unsur masyarakat yang berasal dari berbagai golongan, etnis atau agama tertentu yang tidak akan mudah untuk selalu berjalan berdampingan dan senantiasan berjalan beriringan.

Dengan masuknya pendatang baru di daerah tentunya memiliki nilai tersendiri bagi perkembagan kota selanjutnya. Meskipun tidak jarang, akan ada pendatang dengan berbagai nilai yang baru terhadap kesesuaian dengan nilai-nilai sosio-kultural yang telah established dalam masyarakat sehingga tidak jarang pula terjadi.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close