Hubungan Sistem Ekonomi Dan Sistem Pertanian

8/05/2018

Suatu system adalah suatu totalitas, suatu keutuhan yang unsur-unsurnya saling berkaitan satu sama lain dan bukan system apabila tidak memperlihatkan keterkaitan yang teratur dan jelas antara unsur-unsurnya satu sama lain.

Hubungan system ekonomi dan pertanian tentunya memiliki keterkaitan yang secara sederhana tertera dalam Ensiklopedi umum, 1987 yakni “ilmu menyelidiki soal-soal pemenuhan keperluan jasmani manusia” pengertian yang sederhana tentunya sesuai dengan batasan-batasan dalam beberapa buku teks ilmu Ekonomi.

Kemudian, kesederhanaan pengertian ini sesuai dengan sasaran kajian masyarakat Desa yang bearti berhubungan dengan memenuhi kebutuhan jasmaniahnya.
Baca Juga : Pengertian Sistem Produksi Pangan Masyarakat Agraris
Bagaimana dengan system pertanian? Pada dasarnya system pertanian dalam pengertiannya yang luas mencakup seperangkat gagasan, elemen kebudayaan, keterampilan, teknik, praktik, dan yang berhubungan dengan tanah pertaniannya.

Sistem pertanian bukan cerminan system ekonomi semata melainkan juga berkaitan dengan kebudayaan masyarakatnya. Dengan demikian, system pertanian tidak lepas dari system nilai, norma social, atau tradisi, adat istiadat serta aspek kebudayaan lainnya.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close