Bagaimana Dampak Rupiah Terhadap Petani ?

9/11/2018

Pelemaham nilai tukar rupiah, merupakan gejolak ekonomi bagi masyarakat pedesaan? Mungkinkah, tetapi jika dipaparkan dalam hal ini, maka pengertian mengenai dampak pada hasil petani penurunan itu antara lain karena ada penurunan harga dari sejumlah komoditas seperti kelapa sawit, curah kakao, kopi, dan cengkeh. 

Dengan kondisi saat ini, yang perlu dipahami mengenai disribusi suatu produk merrupakan salah satu langkah untuk para petani di Indonesia, terlebih dahulu memahami jaringan pemasaran produknya, sehingga perdagangan komoditas yang dihasilkannya berlangsung efektif.
Kemudian, apa yang menjadi utama dalam hal ini tentunya untuk mejaga kestabilitas pangan kita di pedesaan dan perkotaan untuk tetap stabil. Maka, penguatan pangan local merupakan salah satu langkah dalam meningkatkan keefesian kita terhadap ekonomi di pedesaan.

Langkah ini, merupakan salah satu paling utama terhadap peningkatan sumber daya di pedesaan dengan meningkatkan kebutuhan dasar masyarakat perkotaan dan pedesaan. Misalnya gula, beras, garam dan sumber pertanian local lainnya. Hal ini, guna meningkatkan efisisensi ekonomi pertanian di pedesaan.


Sistim produksi dan distribusi perlu dipahami sebagai pola dasar dalam memasarkan setiap produk petani di pasar. Sehingga, pengertian mengenai produksi dan distribusi dapat dipahami sebagai ketahanan kita dalam memahami ekonomi saat ini, terutama bagi petani.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close