Cara Pandang Manusia Dengan Lingkungan Hidup

9/07/2018

Pesatnya ilmu pengetahuan dalam kemajuan dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuti dengan perkembangan kebutuhan manusia telah membawa perubahan pada cara pandang mengenai lungkunga hidup.

Dalam hal ini, yang perlu dipahami adalah mengenai pandangan immanen yang cenderung memandang lingkungan sebagai bagian (subsistim) yang tidak terpisahkan dari lingkungan yang menjadi bagian dari persoalan eksploitasi semaksimal mungkin.
Sementara, pandangan manusia dengan berbagai pandangan transenden yang membuat hubungan manusia, keserasian, keselarasan, dan keseimbangan serta berusaha memusatkan pada diri manusia, antroposentrisme. Pengertian mengenai Antroposentrisme adalah suatu pandangan yang menempatkan manusia sebagai pusatnya.

Istilah antroposentris, memandang lingkungan hidup dari sudut pandang kepentingan manusia. Sehingga, begitu sentralnya kepentingan manusia maka apabila terjadi pencemaran lingkungan hidup akibat kegiatan manusia maka apabila terjadi pencemaran lingkungan hidup akibat manusia seringkali diabaikan.

Dengan demikian, kelestarian, dan kerusakan lingkungan hidup sangat bergantung pada sikap masyarakat terhadap lingkungan hidup itu sendiri. Lingkungan alam, dan kegiatan manusia selalu ada perantara yang menghubungkan. Yaitu, sekumpulan tujuan dan nilai-nilai, seperangkat pengetahuan dan kepercayaan dengan kata lain dinamakan pola kebudayaan.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close