Bagaimana Memahami Jenis Barang-Barang Dari Distribusi

9/08/2018

Dalam masyarakat terdapat ratusan, ribuan atau bahkan jutaan jenis barang/jasa. Jenis-jenis itu dapat dilihat dari berbagai jenis barang. Tetapi, dalam hal ini yang membedakan adalah konsumsi dalam masyarakat yang dapat dikategorikan menurut kategori yang dipahami.

Memahami distribusi dapat dipahami sebagai hal yang eksklusivitas dengan menyangkut kesempatan akses orang atau orang lain terhadap kepemilikan, barang atau jasa. Sedangkan kebersamaan pemakaian (joint consumption) berkaitan dengan kesempatan orang atau orang lain untuk menggunakan barang/jasa dengan kualitas dan kuantitas tertentu.

Barang-barang atau jasa dalam masyarakat secara sederhana dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yaitu barang privat, dan barang public. Barang privat adalah barang yang dimiliki dan digunakan secara perseorangan, sedangkan barang public adalah barang yang dimilik bersama.

Pertemuan garis kontinum sifat eksklusivitas dan konsumsi bersama akan menghasilkan 4 kategori barang, yaitu private goods, tool goods, common pool goods, dan collective goods. Posisi suatu barang tidak selalu tetap dalam kategori klasifikasi, dimana suatu barang dapat berubah klasifikasinya karena perubahan konteks kebudayaan atau perubahan waktu. Sehingga, sifat ini disebut relativitas diklasifikasi barang.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close