Dampak Dari Perkembangan IPTEK Terhadap Peradaban Masyarakat

9/05/2018

Dampak dari ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dilihat dari sisi yang berbeda, hal ini seperti diketahui bahwa teknologi muncul karena adanya kebutuhan manusia untuk mempermudah segala aktivitas dan kegiatannya. 

Misalkan dalam hal ini, manusia menciptakan adanya youtube dengan sebanyak mungkin, dari dimulainya pengetahuan, kegiatan sehari-hari, seni, serta euphoria politik. Dengan demikian, manusia menciptakan hal tersebut yang kemudian dikembangkan dengan kebutuhan manusia dalam interaksi dengan sesama.  
Tetapi, dalam hal ini bukan bearti kecanggihan teknologi itu sendiri selalu mendatangkan manfaat dan dampak positif bagi kehidupan manusia. Hal yang tak merugikan ketika manusia dapat digunakan dengan tepat. Dengan kata lain, dampak negative yang muncul karena efek samping dari teknologi itu sendiri.

Yang dipahami dalam hal ini, dampak negative yang lebih luas jika terjadi akibat perkembangan teknologi informasi pada masyarakat, Meskipun kemudahan memperoleh informasi secara digital akan berpengaruh pada media massa yang berkembang saat ini.


Pengaruh aktivitas manusia tentunya akan memiliki peran terhadap perkembangan masyarakat pada umumnya. Terlebih dengan berbagai hal yang berkaitan dengan persoalan informasi, jika aktivitas teknologi tidak digunakan dengan sebaik-baiknya maka akan berdampak pada perkembangan massa saat ini.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close