Pembangunan Berkelanjutan Dengan Memenuhi Generasi Milenial

9/09/2018

Pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan serta sumber daya, menurut pendapat Redclift (1991) ketika itu berpendapat bahwa konsep PBL merupakan uatu konsep yang belum terlihat implementasinya. 

Definisi PBL yang banyak dikenal banyak pihak adalah definisi yang dimuat dalam Brundtland Report, Our Common Future (WCED, 1987) yaitu pembangunan yang berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya. 
Maka, pembangunan berkenjutan saat ini, dapat diorientasikan seperti perkembangan ekonomi kreatif milenial, mendatang tanpa menggangu perubahan pada ekonomi dimasa sebelumnya. Sementara, yang perlu dipahami bahwa suatu proses perubahan dimana eksploitasi sumber daya, arah investasi, orientasi pengembangan teknologi dan perubahan institusi.

Dalam hal ini, pembangunan ekonomi kian berjalan selaras dengan kepentingan lainnya sehingga pertumbuhan ekonomi tidak hanya memenuhi kepentingan generasi sekarang tetapi juga generasi yang akan datang. Ada artinya Sustainabilitas yang merupakan konsep utama dari pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Sedangkan kriteria sustainabilitas mensyaratkan bahwa secara minimum, generasi yang akan datang mesti dilakukan dengan baik untuk generasi berikutnya. Konsep sustainabilitas lebih menekankan aspek keadilan (fairness) antar generasi daripada efisiensi alokasi. Karena dalam hal ini, institusi social dan ekonomi harus mampu memproduksi hasil yang efisien dan sustainable.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close