Dampak Positif Perkembangan Kelangsungan Peradaban Manusia

10/18/2018

Pada dasarnya suatu ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki manfaat dalam siklus kehidupan manusia. Karena dalam hal ini, tidak mengherankan bahwa manusia mengetahui keberadaannya.

Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat menghasilkan banyak kajian dan studi dengan berbagi hal yang komprehensif dan mendalam mengenai gejala yang terjadi pada masyarakat manusia, seperti gejala alam dan gejala perubahan sosial budaya.

Dengan adanya pengetahuan manusia mampu menjelaskan segala sesuatu yang terjadi berdasarkan logika berpikirnya. Hal ini, mendorong pemahaman manusia dengan berbagai persoalan lingkungan alam. Pengaruh yang memiliki nilai agama, mitos alam yang berkembang di dalam masyarakat yang mempersulit perkembangan ilmu pengetahuan di masa lalu.
Sejalan dengan hal tersebut maka, perkembangan akan kesadaran manusia dan penemuan manusia untuk berpikir positif dengan berbagai gejala, dan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat (positivistic). Hal ini, agar perubahan suatu peradaban manusia semakin bergerak kearah rasionalitas. Karena dalam hal ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saling mempengaruhi satu sama lain dan membentuk perkembangan yang dikenal dengan peradaban manusia.


Dinamika yang dipahami dalam sosial budaya yang meliputi berbagai aspek dapat dipahami sebagai nilai-nilai dan bentuk pengetahuan yang akan berkembang selanjutnya dengan perkembangan peradaban umat manusia dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang terus menerus berlangsung.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close