Indonesia - Sejarah Perkebunan Masyarakat Dengan Berbagai Komoditi

10/25/2018

Salah satu perubahan yang penting mengenai perkembangan teknologi terhadap pertanian, dapat diketahui ketika perkembangan yang sudah cukup tua juga yang terjadi di Sumatera dan Sulawesi Selatan, disamping terdapat pada Nusa Tenggara.

Hal ini akan tampak berbeda ketika memperhatikan perkebunan dengan sejumlah yang berbeda dengan masyarakat tradisional. Dengan mengembangkan perkembangan pertanian maka, dapat diketahui berbagai hasil produksi yang ditanamkan berdasarkan perkembangan masyarakat pertanian saat ini.
Sejumlah catatan sejarah, bahwa perkebunan menyatakan bahwa berbagai komoditi dengan diperdagangkan yang mendorong pertumbuhan kebun-kebun tanaman komersial dan mendongkrak aktivitas perdagangan Internasional.

Maka, proses komersialisasi yang diawali dengan hubungan simbiotik antar daerah yang diwujudkan dalam bentuk hubungan perdagangan. Maksud dari perdagangan yang saling menguntungkan bukan hanya dilihat dari sisi pendapatan dengan pemenuhan komoditi yang dibutuhkan satu sama lain.


Contoh yang dapat diperhatikan ketika pertukaran komoditi perdagangan simbiotis antara lain, bagian pesisir Jawa- Sulawesi dengan berbagai pertukaran hasil perdagangan. Selain meningkatkan pertumbuhan kebun komoditi maka dapat meningkatkan proses komersialisasi di daerah pantai pada abad ke-16 yang mendorong pertumbuhan terhadap kerajaan Islam ketika itu.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close