Memahami Masyarakat Pada Prespektif Evolusionis

11/07/2018

Pada suatu masyarakat, bahwa sebuah gerak dan proses perkembangannya dari suatu tingkat yang bersahaja kearah tingkat yang kompleks, maju dan secara umum memahami sebagai proses perkembangan dari masyarakat tradisional kearah masyarakat modern.

Proses perkembangan ini terjadi lewat tahap tertentu yang dipandang dengan memiliki berbagai sifat yang universal. Misalnya, masyarakat Desa umumnya dipandang sebagai masyarakat yang belum maju, tradisional. Sementara, dalam suatu perspeksi evolusionis yang bertolak dari pemikiran bahwa setiap masyarakat akan berkembang maju.

Maka, pada suatu masyarakat Desa juga diyakini akan berkembang, maju dan kemudian akan menjadi kota dengan sifat kekotaan. Ketika perspeksi interaksionis sebagai kerangka pemahaman, maka anda harus memusatkan perhatian kepada interaksi antara orang yang satu dengan yang lain.
Hal yang perlu diketahui ketika berbagai pemahaman interaksi bukan sekadar hubungan biasa, maka akan saling mempengaruhi antara pihak yang terlibat. Dengan suatu interaksi dengan sesamannya, maka orang-orang itu pasti memiliki pengertian yang sama terhadap pelbagai hanya yang menjadi dasar hubungan mereka.

Pengertian dan pemaknaan yang sama terhadap sesuatu hal yang disimbolkan dalam tanda, maka isyarat atau yang terpenting dalam bentuk bahasa, tulisan, maupun tertulis. Maka, kaum interaksionis cenderung memusatkan perhatian pada kelompok kecil ketimbang kelompok besar dan abstrak.

0 comments

Daily Journal

Recent Posts Widget
close